Jumat, 14 Desember 2012

HIV dan AIDS





PENTINGNYA HIV & AIDS UNTUK KITA KETAHUI

APA SIH BEDANYA HIV&AIDS???
HIV adalah (Human Immuno Deviciency Virus) berarti,virus yang dapat merusak system kekebalan tubuh manusia. HIV terdapat didalam darah,cairan vagina,dan air susu ibu.
AIDS adalah (Acquired Immuno Deviciency Syindrome) artinya kumpulan gejala penyakit akibat penurunan kekebalan tubuh oleh HIV.orang

BAGAIMANA PENULARNYA??
·      Hubungan sex,beresiko…berhubungan sex melalui vagina,dubur,atau mulut,dengan seseorang yang  terinfeksi hiv tanpa menggunakan kondom beresiko tertular HIV.

·         Pemakaian jarum suntik yang  tidak steril…alat tato,tindik yang tidak steril dan menggunakan jarum suntik bergantian dapat menyebabkan seseorang tertulat hiv

·         ibu hamil kepaa bainya…ibu hamil yang teridentifikasi hiv dapat menularkan virus kepada bayi saat kehamilan,melahirkan, dan menyusui.

·         Transfusi darah yang terkena HIV.

INGAT!!!HIV TIDAK MENULAR MELALUI:
v  bersalaman dan berpelukan dengan orang yang terkena hiv.

v  menggunakan fasilitas bersama seperti toilet dan kolam renang bersama.

v  terkena batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi hiv

v  berbagi makanan atau menggunakan peralatan makanan bersama

v  gigitan nyamuk,air mata,keringat bila tidak ada luka,air kencing dan ludah.

v  ciuman selagi tidak ada luka,berpelukan,dan tinggal serumah.

FASE-FASE HIV DAN AIDS:
§  priode jendela (0-6 bulan,biasanya 3 bulan) pada priode ini,meskipun sudah tertular belum bisa terdeteksi virusnya tetapi sudah bisa menularkan.

§  HIV positif,biasanya tanpa gejala (5-10 tahun)pada fase ini ODHA (Orang Dengan Hiv&Aids) dapat beraktifitas seperti biasa.

§  AISD (1-2 bulan)punya 4 stadium,biasanya gejala-gejala dari penyakit yang sudah diderita timbul.

TIPSNYA???
ü  No sex before married

ü  Jika membutuhkan darah yang diterima bebas HIV.

ü  Gunakan alat suntik sekali pakai selain itu,hindari mabuk-mabukan dan NAPZA yang membuat km jadi lupa diri.

APA YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENCEGAH HIV??
Pemahaman agama perlu kita tingkatin… kadang kita ngerasa hal itu ngga ada hubunganya tapi ternyata dengan pemahaman agama yang baik, bias jadi benteng buat diri kita menjaga keharmonisan hubungan dengan orangtua,teman dan orang-orang disekitar. Mereka bias jadi sumber informasi juga loh… nah buat kamu-kamu cara yang efektif adalah TIDAK MELAKUKAN HUBUNGAN.

BAGAIMANA CARA MENGETAHUI SESEORANG TERKENA HIV??
Orang yang sudah terinfeksi itu tidak terlihat dari luar. Satu-satunya cara adalah dengan Tes HIV di rumah sakit atau puskesmas dengan melakukan tes darah. Melalui proses VCT (Volunyary Counseling and  Testing) yang dilakukan dengan rahasia dan sukarela jadi tidak boleh dipaksain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar